Penyebab dan Cara mengatasi ac tidak dingin




Penyebab dan cara mengatasi ac tidak dingin pada dasarnya memang di perlukan keahlian khusus dalam menanganinya, di tambah lagi memerlukan tools yang memang khusus untuk memperbaiki AC. Pada artikel berikut ini akan saya share tentang cara mengatasi ac tidak dingin tanpa menggunakan tools khusus, dengan harapan bisa di lakukan oleh siapapun dalam kondisi urgent.

Penyebab dan cara mengatasi ac tidak dingin berikut akan saya bagi menjadi beberapa part diantaranya :
  • Kebocoran freon >> indikasi bisa anda lihat pada unit outdoor / unit luar ruangan, perhatikan pada 2 pipa yang tersambung ke outdoor, yang satu besar dan yang satunya kecil, apabila ada kebocoran freon pada pipa kecil akan terlihat menggumpal es yang lumayan tebal. Apabila indikasi ini terjadi di ac anda segera hubungi teknisi ac kepercayaan anda, sebab memerlukan cara khusus dalam menanganinya.
  • Kerusakan sistem eletrik / modul >> indikasi biasanya unit AC mengalami restart sendiri, mati mendadak, lampu indikator berkedip, dan untuk merk tertentu di sertai kode error pada panel lcd. Untuk cara mengatasinya harus di lakukan oleh ahlinya, setidaknya anda bisa tau kerusakan ac anda.
  •  Tegangan Voltase yang tidak stabil >> Indikasinya unit ac sering mengalami hang secara mendadak, suatu kasus kadang dingin dan kadang tidak dingin, cara mengetahui voltase di tempat anda gunakan multimeter untuk cek tegangan ( tidak dianjurkan bagi yang kurang paham terhadap kelistrikan ) karena sangat berbahaya, lebih baik serahkan pada ahlinya.
  •  Unit AC kotor >> Unit ac yang kotor adalah yang paling sering terjadi sehingga mengakibatkan ac tidak dingin dan pada kasus yang lebih extreme mengakibatkan ac rusak total di bagian outdoor, Biasanya apabila ac kotor untuk mencucinya perlu alat khusus, tapi bagaimana apabila anda tidak mempunyai alat tersebut, di poin ke 4 inilah yang akan saya bahas tentang cara mengatasi ac tidak dingin kali ini. Perlu anda ketahui sebelumnya bahwa cara berikut bersifat tidak permanen namun bisa untuk kondisi urgent dan setelah vara berikut segeralah untuk mencuci ac anda, panggilan service ac kepercayaan anda. Berikut caranya :



service ac surabaya




Langkah 1 >>

  
Coba anda periksa pada bagian FILTER >> biasanya pada bagian ini sudah tertutup oleh debu/kotoran, ambil filter tersebut kemudian cuci sampai kotoran hilang kemudian pasang kembali  ''coba rasakan hasilnya"


service ac surabaya




Langkah 2 >>

Coba anda lihat posisi setting remote AC anda!!
apakah sudah pada posisi mode COOL, kalau belum segera pindah ke mode tersebut.


service ac surabaya



Langkah 3 >>

Apabila kedua langkah  diatas masih belum bisa dingin langkah ke tiga adalah langkah terakir,
yaitu membersihkan kondensor outdoor, gambar di atas adalah posisi di bongkar??bila tidak bisa cara membongkar cukup siram saja kondensor dari belakang dengan memakai gayung/alat sejenis??posisi kondensor ada di belakang unit outdoor bentuknya mirip radiator mobil???usahakan sampai agak bersih biar  berongga dan bisa membuang panas kompresor?



Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan kepada anda tentang penyebab dan cara mengatasi ac tidak dingin, semoga bermanfaat untuk anda semua.


Baca juga artikel menarik lainnya :

0 Response to "Penyebab dan Cara mengatasi ac tidak dingin"

Posting Komentar